Jelang Lebaran Haji, Harga Cabe di Musi Rawas Masih Tinggi

MUSIRAWAS,(RadarSilampari.Com) – Menjelang H-5 Hari Raya Idul Adha 1440 H, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Musi Rawas, Selasa (06/08/2019) melaksanakan insfeksi mendadak (sidak) harga kebutuhan dan ketersediaan (stok) barang di pasar B Tugumulyo dan Megang Sakti.

Dari hasil sidak ini, tim tidak menemukan lonjakan yang sigifikan terhadap kebutuhan pokok atau relatif stabil di kedua pasar induk di Kabupaten Musi Rawas ini. Hanya saya, yang masih terlihat harga cabe masih sangat tinggi yakni pada kisaran Rp 55 ribu sampai Rp 68 Ribu per kilogramnya.

”hanya harga cabe yang masih tinggi, di dua pasar yang dikunjungi. kisaran harga cabe 55 sampai 68 ribu rupiah, sementara harga normalnya pada kisaran 20 sampai 25 ribu perkilonya. Hal ini diperkirakan akibat pengaruh cuaca sehingga produksi cabe menurun dan ditambah meningkatnya kebutuhan cabe menjelang lebaran,”ujar Ekonomi Setda Mura, Decky Zulkarnain, SH, MH yang juga oleh Sekertaris TPID Mura di pasar Megang Sakti.

Sementara untuk harga kebutuhan pokok lainnya, lanjut Kabag Ekonomi ini masih relatif stabil seperti ayam potong mengalami kenaikan pada 3 hari terakhir dari Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu, bawang merah Rp 25 ribu sampai Rp 28 ribu dari harga sebelumnya Rp 30 ribu, bBawang putih Rp 28 ribu sampai Rp 30 ribu, daging Rp 110 ribu, Ikan nila Rp 25 ribu sampai Rp 28 ribu dan ikan patin Rp 20 ribu sampai Rp 22 ribu.

Terkait dengan hasil sidak ini, Decky mengatakan pihaknya akan menggelar rapat pembahasan, yang melibatkan seluruh instansi untuk menentukan langkah-langkah yang akan diambil.”hasil sidak ini kita akan bawa kerapat koordinasi antar sektor, sehingga akan ditentukan langkah-langka yang diambil untuk menekan harga menjelang mendekati hari raya idul adha 1440 H,”demikian kata Decky.

Tim yang dikomandoi oleh Sekertaris TPID Mura yang juga Kabag Ekonomi Setda Mura, Decky Zulkarnain, SH, MH bersama anggota tim dari Disperindag, Kepala Pasar B Srikaton dan Megang Sakti, Dinas Kesehatan, Kecamatan dan Polsek Tugumulyo dan Megangsakti, Satpol PP, Polres, serta OPD lainnya memulai sidak pukul 08.30 WIB di Pasar B Tugumulyo dan melanjutkan ke pasar Megang Sakti dan berkahir sekitar pukul 12.30 WIB.(Rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.