Ziarah,Tradisi Kunjung Makam Keluarga Usai Shalat Id

MUSIRAWAS,(RadarSilampari.Com) – Dimana momen perayaan hari – hari besar Agama Islam, pemakaman salah satu lokasi yang ramai dikunjungi warga untuk berziarah mendo,akan keluarga yang telah meninggal dunia.

Banon (77) salah seoarang warga Desa Anyar kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas (Mura) Provinsi Sumatera Selatan yang setiap kali perayaan hari lebaran ia bersama keluarga besarnya selalu melakukan Ziara kubur.

“Ziara kubur pada Hari Raya Idul Fitri / Idul Adha merupakan taradisi yang hingga kini masih terjaga, terutama dalam keluarga besar kami,” Ungka wanita yang memiliki cucu 23 dan cicit delapan.

Tradisi ini biasanya ramai dilakukan warga  usai melaksanakan shalat id sampai dengan H+3 hari raya Idul Fitri atau hari raya idul Adha.

Lanjut dia menerangkan, saat melakukan ziara kubur tak banyak yang dilakukan oleh para peziara disana yak itu berdoa serta membersihkan pemakaman kerabat dan sanak saudara jika terlihat kotor.

“Biasanya saat melakukan ziara kubur keluarga kami melakukan bersih – bersih makam dan membaca do,a ayat suci alquran seperti Surat Alfatiha, Surat Yasin,” Tutup dia.(MRJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.