Bupati Muratara Panen Raya, Desa Bingin Rupit jadi Contoh Pertanian

MURATARA,(RadarSilampari.Com) – Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) HM Syarif Hidayat pimpin panen raya padi sawah didesa Bingin Rupit, Kecamatan Rupit, Kamis (15/8).

Buapti Muratara HM Syarif Hidayat usai memanen menyampaikan  rasa bangga, dimana sangat luar biasa, karena awalnya lahan tersebut tidak produktif. Tapi sekarang sudah menjadi area persawahan serta sudah menghasilkan.

“Keberhasil ini patut untuk dicontoh bagi kades yang lain, kalau Kades Bingin Rupit bisa, kenapa kades lain tidak bisa Manpaatkan lahan terlantar,”Sebut Bupati.

Menurutnya, Tahun lalu panen raya didesa Pauh, Kecamatan Rawas Ilir dan sekarang panen raya didesa Bingin Rupit.

Jika seluruh desa memanfaatkan lahan terlantar menjadi area persawahan, bukan tidak mungkin Kabupaten Muratara menjadi daerah swasembada beras.”Setidaknya bisa memenuhi kebutuhan beras masyarakat Muratara sendiri,”tutur dia.

Lebih lanjut, bupati menambahkan, sekarang harga sawit dan karet harganya masih murah, maka dari itu masyarakat bisa kembali kesawah guna menanam padi. “Apalagi sekarang harga beras mahal, dengan hasil panen yang berlimpah setidaknya beras tidak belih dan juga bisa dijual untuk memenuhi kebutuhan lainnya,”ucap Syarif Hidayat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Dispertanikan) Kabupaten Muratara, Suhardiman mengatakan pembukaan lahan ini yakni tahun 2017, dimana dari hasil berkoordinasi dengan Kades untuk membuka lahan, sebab kondisi sebelumnya masih hutan.

“Sekarang sudah menjadi area persawahan yang produktif dan sudah mengahsilkan dan hasil panen juga bagus,”kata Suhardiman.

Sebelumnya, Kades Bingin Rupit, Hengki Basyid mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Muratara khusunsya Dispertanikan,  dimana sudah memberikan penyuluhan dan juga bantuan berupa alat-alat pertanian.

Dijelaskannya luasan lahan secara keseluruhan 70 hektare dan sudah lama tidak difungsikan, akan tetapi sekarang sudah digarap dengan ditanami padi.”Alhamdulilah hasilnyapun sangat memuaskan, sehingga bisa memenuhi kebutuhan beras didesa Bingin Rupit,”papar hengki.

Ia berharap agar pemerintah dapat membangun jalan untuk mengangkut hasil pertanian, kemudian memperbaiki jalan desa.

“Kondisi jalan menuju areal persawahan berlumpur, membuat masyarakat kesusahan untuk mebawak hasil pertanian, maka dari itu kami berharap kepada pemerintah untuk dapat membangun jalan tersebut,”harap dia.

Dirinya juga menambahkan tahun ini, Desa Bingin Rupit mendapatkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) berupa empat sumur bor, dan sumur bor itu nantinya untuk memenuhi kebutuh air yang mengalir kearea persawahan.

“Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya, karena tahun ini, Desa kamk mendapatkan bantuan empat sumur bor, dan sumur bor yang nantinya digunakan memenuhi kebutuh air kesawah,”sampai dia.(ASP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.