Warga Air Satan Temukan Buaya 2 M,di Saluran Irigasi

MUSIRAWAS,(RadarSilampari.Com) -Warga Dusun IV Desa Air Satan Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas (Mura) Provinsi Sumatera Selatan  menangkap buaya jenis senyulong atau buaya cucut panjangnya sekitar dua meter.

Buaya tersebut pertamakali ditemukan oleh Icen (35) seorang pengelola kolam ikan, di wilaya saluran irigasi Dam Inpres Dusun IV Desa Air Satan pada Selasa (20/08/2019) sekitar pukul 22.00.

Icen menjelaskan, Saat itu dia sedang berada dekat saluran irigasi dibagian hilir kolam ikannya,tiba-tiba dia melihat ada sesuatu bergerak dalam saluran air irigasi dan setelah diperhatikan ternyata seekor buaya.

Melihat buaya itu dia kaget, lalu mengambil alat setrum untuk menangkap buaya tersebut.setelah disetrum, buaya  menjadi lemas.Tak lama kemudian, ada beberapa warga yang datang kelokasi.

“Pertama kali saya sendiri melihat dan menyeterum buaya itu, kemudian warga berdatangan dan membatu untuk menangkap serta mengikat  buaya itu dengan tali,” terang dia.

Mendengar ada warga yang menemukan buaya, warga setempat berdatangan untuk melihat penemuan langka tersebut.

Menurut warga, kemungkinan buaya tersebut naik ke saluran irigasi dari arah Sungai Lesing.Karena, saat musim kemarau air sungai menyusut sehingga membuat buaya keluar.

“Untuk saat ini saya belum ada rencana buaya ini mau diapakan. Tapi saya sudah bicara sama pak kades tentang penemuan buaya ini. Soalnya mau dilepas takut, banyak anak-anak,” Ujar dia.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Air Satan Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas (Mura), Gufron mengakui kalau adanya warga yang menemukan buaya dan saat ini buayanya masih ada di rumah warga atas nama Icen.

“Sebelumnya warga sering melihat buaya ada di hulu irigasi,Kami pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan telah mengusulkan agar buaya tersebut diserahkan ke BKSDA Provinsi Sumsel,” Tutup dia. (MRJ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.