Musim Kemarau Warga Semagus Kerisis Air Bersih, Untuk Memenuhi Kebutuhan Terpaksa Gunakan Air Kotor

MUSIRAWAS (RadarSilamapari.Com) – Musim kemarau yang melanda Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan dalam beberapa bulan terahir menyebabkan sumur kering, untuk memenuhi kebutuhan hidup warga terpaksa menggunakan yang kotor.

Seorang warga Desa Semagus Baru Kecamatan Muara Lakitan Oma mengungkapkan, kekeringan sudah mulai dirasakan dalam tiga bulan terakhir, hal itu memyebabkan air dalam sumur miliknya kering.

“kemarau sudah tiga bulan lebih air sumur sudah mengering, bahkan untuk mencuci piring saja tidak cukup lagi,” Kata Oma di kediamnya,Rabu (18/09/2019).

Dia menerangkan, untuk memenuhi kebutuhan mencuci dan mandi warga Desa setempat mengunakan air yang didapat dari bantuan tangki perusahaan yang airnya cukup kontor dan tidak layak.

“kalau untuk minum dan memasak kami beli air galon,, nah kalau untuk mencuci piring dan lain lain nya kami terpaksa mengunakan air lupur ini ” Terang dia.

Lanjut dia menerangkan, di  daerah tempat ia tinggal memang ada sungai yang besar yakni sungai semagus  dan airnya  bagus namun jarak untuk kesungai itu lumayan jauh.

“Kalau untuk soreh hari banyak warga sini yang mandi dan mencuci  kesungai semagus yang jaraknya lebih kurang 3 kilo meter, itu juga bagi warga yang memiliki kendaraan,” ungkap dia.

Sementara itu Seketaris Desa Semagus baru Edi Rumadi membenarkan jika warga desa Semagus saat ini mulai kerisis air bersih.

” memang sudah banyak sumur warga yang kering apa lagi di Dusun empat dan lima rata – rata sudah mandi dan mencuci disungai,” Tutup dia.(MRJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.