Harga TBS Naik, Petani Kembali Gairah Merawat Kebun

MUSIRAWAS,(Radarsilampari.com)- Harga jual tandan buah segar (TBS) kelapa sawit dikabupaten Musi Rawas sejak satu bulan terahir berangsur naik,hal tersebut membuat petani kembali bergairah mengurus kebun kembali.

“Sejak awal bulan November lalu harga TBS disini beransur naik, saat ini harga TBS ditingkat tangkulak tangkulak sudah Rp 1.200 perkilogramnya,”Kata Agus Seorang petani kelapa sawit dikecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas,Kamis (18/12/2019).

Dia mengatakan, sebelumnya harga TBS  dibeberapa tempat tingkat tengkula sempat anjlok mencapai Rp 800 hingga 700 perkilogramnya,kini harganya sudah berangsur naik mencapai Rp 1.200 per kilogramnya.

“Harga TBS yang Rp 1.200 di pengepul/ tingkat  tangkulak itu buah yang ukuran besar 20 kg keatas pertansanya,”kata dia.

Lanjut dia mengatakan,Kenaikan harga TBS ini membangkitkan gairah petani kembali untuk merawat kebunya yang sudah lumayan lama tidak tidak dirawat karena harga TBS dengan perawatan tidak seimbang.

“Harga ini membuat para petani dikecamatan Muara Lakitan kembali beraktifitas memberseihkan lahan mereka sekaligus melakukan pemupukan kembali,”terang dia.

Terpisah seorang petani sawit lainnya Apdol Sarjani  mengatakan bahwa naiknya harga jual TBS ini memberikan sedikit harapan buat petani kembali untuk bergairah menanam atau memelihara sawitnya.

“Harga mulai naik  walaupun belum begitu stabil namun telah memberikan sedikit keuntungan buat para petani sawit diaini,”kata dia.

Dengan keuntungan yang sedikit itu, kini petani sudah bisa menyisihkan uanh hasil kebunnya untuk merawat tanaman mereka kembali.

“Mudah-mudahan harga kelapa sawit bisa semakin meningkat seperti  tahun – tahun sebelumnya mencapai Rp 1.500 per kilogramnya,” harap dia.(Jam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.