20 Wartawan Bertugas di Mura Ikut Orientasi PWI

MUSIRAWAS, (Radarsilampari.Com) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Musi Rawas (Mura) mengadakan Orientasi calon anggota Dan Peningkatan Setatus keanggotaan PWI Musi Rawas di taman Beregam Angropolitan pemkab Mura.Jumat (20/12/2019).

Ketua PWI Kabupaten Musi Rawas Noviyansah dalam sambutanya mengatakan orientasi ini dilaksanakan berdasarkan UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers, kode etik jurnalistik yang bertujuan memberikan penyaringan anggota baru.

“Ini merupakan, sudah menjadi prosedur dari PWI,” kata Novi.

Novi menjelaskan, sedikitnya wartawan yang bertugas di Kabupaten Mura lebih kurang 160 wartawan, namun yang mengikuti orientasi 20 orang dan 5 orang peningkatan status.

“Mudah-mudahan, dengan dilaksanakan orientasi ini bisa mewujudkan persada Nusantara khususnya di Kabupaten Mura. Serta untuk diketahui organisasi diakui Dewan Pers yakni PWI, AJI dan IJTI, maka dari itu kedepannya mohon dukungan dan binaan Bupati Mura,” ungkap dia Ketua PWI Kabupaten Mura.

Sementara itu, Ketua PWI Sumsel, H Firdaus Komar dalam arahannya menyampaikan orientasi ini merupakan rangkaian, dan rekrutmen PWI sekaligus jaringan wartawan ini memantapkan wartawan sebab saat ini banyak muncul wartawan cyber dan perkembangan medsos.

“Maka dari itu, dilakukan orientasi ini, jadi wartawan apa saja, wartawan siapa saja, kita akan bina agar profesional dan berkompeten,” kata Firdaus.

Firdaus menjelaskan, selain menciptakan wartawan profesional, nantinya saat menjalankan tugas mematuhi aturan seperti yang bertugas dilingkungan pemerintah maka harus mematuhi aturan pemkab dan serius melakukan kegiatan jurnalistik.

Sebab walau bagaimanapun, peran media sangat penting, apalagi saat ini perkembangan medsos cukup pesat takutnya muncul berita hoaks, maka dari itu harus saling bersinergi guna mengatasi hal tersebut.

“Namun, ini semua tercermin dengan hadirnya, Bupati Mura, H Hendra Gunawan memberikan sufort yang baik untuk PWI Kabupaten Mura, guna meningkatkan pembangunan di Kabupaten Mura serta sebagai kontrol sosial, dan jadila wartawan seperti “Mas 24 Karat” jangan menjadi wartawan cuma seperti Mas,” tutup dia.

Sementara itu, Bupati Mura, H Hendra Gunawan mendukung sekaligus mensufort kegiatan orientasi dan peningkatan status.

Pastinya, wartawan yang mengikuti orientasi ini merupakan wartawan yang membantu dan profesional diwilayah Kabupaten Mura.

“Berkat mereka juga (Wartawan), bisa mengekspor dan mempublikasikan kegiatan positif, serta kontrol sosial yang sifatnya membangun, maka saya silakan, untuk hal kedepannya, PWI Kabupaten Mura silakan koordinasikan kepada Pemkab Mura. Dan yang paling penting orientasi ini gunakanla sebaik-baiknya untuk SDM unggul Indonesia Maju,” tutup Bupati.(Mrj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.