Terancam Longsor, Dua Rumah Pindah.

MURATARA,(Radarsilampari.Com) – Terancam longsor dua rumah di kampung III Desa Beringin Jaya Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara),dipindahkan ketempat aman.

Eka (22) warga Kampung III Desa Beringin Jaya yang mengaku kalau sudah ada dua rumah di tempat ia tinggal di pindahkan karena terancam longsor akibat air sungai Rupit.

“Rumah nenek kami Nurlilah (80) sebelah rumah ini sudah dipindahkan dan rumah bibi Leni (60) sudah pindah karena rumah mereka sudah terkena longsor tahun 2017 lalu”Kata Eka, Selasa (21/01/2020).

Ditempat yang sama, Mukti (73) mengatakan kalau kondisi ini sudah lama dan belum ada perhatian, baik dari pemerintah desa maupun pemerintah daerah.

“Dulu, sudah ado anggota DPR RI nengok kesini, foto-foto tapi dak kate kelanjutan atau bantuan,”Ucap dia.

Lebih lanjut Mukti menambahkan, Untuk pemerintah desa, Kades sudah mengajukan Pemkab tapi belum disetui DPRD.

Harapannya, pemerintah peduli dengan nasib mereka yang selalu dihantui rasa was-was mengingat jarak bibir tebing sungai dengan rumah kurang lebih 5 meter lagi. Apabila tidak dibangun talud atau dinding penahan tebing, bsa terjadi longsor kembali. Apalagi sekarang musim hujan.

Sementara itu Kades Beringin Jaya, Paizal saat diwawancarai mengatakan kalau kondisi longsor itu sudah lama terjadi

“longsor sudah lamo, tapi itu jalan negara yang dibangun tahun 80 an, sedangkan putus sejak 2010 lalu,”Papar dia.

Paizal menambahkan, kalau dirinya sudah menyampaikan dan meminta bantuan kepada Pemkab Muratara dalam hal ini pihak kecamatan dan juga Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Namun belum ada respon.

“Mungkin tidak dibangun, karena letaknya bukan ditengah desa, kalau ditengah desa mungkin pemerintah lebih cepat. Tapi karena diujung jalan jadi kurang perhatian. Anggota DPR RI, pak Edi Prabowo pernah cek lokasi tapi dak jugo ado bantuan,”terang Paizal. (ASP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.