Bupati Mura H.Hendra Gunawan Resmikan Bendungan BDI Sukaraya

MUSIRAWAS,(Radarsilampari.Com) – Bupati Musi Rawas (Mura), H Hendra Gunawan, meresmikan Bendungan Daerah Irigasi (BDI) Sukaraya Baru, Kecamatan Suku Tengah Lakitan Ulu Terawas, Jumat (31/01/2020).

Ia berharap dengan berfungsinya bendungan ini dapat mendukung program pertanian menjadi sektor unggulan di Bumi Lan Serasan Sekentenan. Karena hampir 70 persen masyarakat Mura menggantungkan hidup disektor pertanian.

“Mudah-mudahan apa yang kita cita-citakan bersama, yakni petani Musi Rawas Makmur dapat terwujud,”ungkap Bupati Mura H.Hendra Gunawan.

Lanjut Bupati Mura H.Hendra Gunawan berpesan kepada kepala desa dan masyarakat Sukaraya Baru dan Sukaraya Lama, agar sama-sama merawat Bendungan Jaringan Irigasi Sukaraya. “Selama inikan kita mampu membangun tapi tidak mampu merawat,” ujar dia .

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Tata Ruang dan Pengairan (PUCK-TRP) H Ristanto Wahyudi, menambahkan Bendungan Sukaraya merupakan Bendungan Teknis pertama yang dibangun dengan dana Rp 4,3 miliar dari APBD Mura 2019. Bendungan ini berpotensi mengairi 250 hektar sawah.

“Bendungan ini membangkitkan kembali semangat petani yang mulai putus asa,”kata Ristanto.

Lanjut dia mengatakan, bendungan yang telah dibangun sejak 1995 tersebut setiap tahunnya rusak. Tetapi setelah ini dibangun, mulai dari soderan sungai masuk sampai soderan air keluar, masyarakat semangat kembali.

“Untuk bendungan utama sampai saluran primer akan diteruskan secara bertahap,”tutup dia.(Adv_MRJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.