Banjir di Mura,Tiga Jembatan Gantung Putus

# Warga Kembali Gunakan Perahu

MUSIRAWAS,(Radarsilampari.Com) – Tiga jembatan gantung yang berada di dua kecamatan Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan putus.

Putusnya jembatan gantung tersebut dampak dari hujan deras beberapa hari lalu yang menyebabkan air sungai Musi meluap dam membawak pohon – pohon menghantam jembatan gantung.

Informasi yang dihimpun Radarsilampari ketiga jembatan yang putus tersebut yakni, jembatan gantung desa Pulaupangung, jembatan gantung desa Bingin Jugut Kecamatan Muara Kelingi dan Jembatan gantung Penghubung desa Semagus Baru dengan  Desa Semagus Lama kecamatan Muara Lakitan.

Kepala Desa Bingin Jungut Asmawi Mangku Alam mengatakan, jembatan gantung penghubung antar dusun Desa Bingin Jungut Kecamatan Muara Kelingi putus, karena luapan air sungai musi.

“Putusnya pagi tadi, tepat di tali sling sebelah kiri dan arah dusun lama,Tali sling tidak kuat menahan derasnya arus air sungai musi, kini warga mengunakan perahu ketek untuk menyeberang,”kata Asmawi kepada wartawan, Senin (10/02/2020).

Samahal nya dikatan Sekdes Pulau Pangung, jembatan gantung penghubung dusun tempat ia tinggal juga terputus karena hantaman kayu saat warga sedang bergotong royong menjaga jembatan.

“sekitar pukul 12.30 WIB, warga bergotong royong melepaskan lantai jembatan, namun sulit dilepas, sebab plat besi lantai jembatan di las cukup kuat.Saat hendak melepas lantai jembatan, tiba-tiba ada kayu hanyut dan mengenai jembatan, sehingga empat warga sempat terjatuh namun selamat,”cerita dia.

Terpisah Sedes Desa Semagus Baru Edi Rumadi juga  mengatakan jembatan gantung  penghubung Desa Semangus Lama dengan Semangus Baru putus, karena arus sungai musi.

“Saya sudah khawatir dengan jembatan itu, karena sekitar pukul 23.00 WIB, jarak dengan permukaan air sekitar 10 centimeter, pagi ini jembatan putus,”kata Sekdes, Senin (10/02/2020).

Menurut Edi, jembatan gantung dibangun mengunakan bahan besi, artinya dari lantai hingga bahan lainnya besi semua.

“Ini yang kedua kalinya jembatan gantung putus, sewaktu Bupati Musi Rawas Ridwan Mukti, juga pernah kejadian putusnya jembatan,”tutup dia.

Karena putusnya jembatan gantung, maka warga kembali mengunakan perahu ketek untuk ke Semangus Lama. Seperti sebelum adanya jembatan gantung.(MRJ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.