Solusi Hadapi Tingginya Kebutuhan Pupuk Organik

MUSIRAWAS,(Radarsilampari) – Tingginya kebutuhan pupuk organik yang dibutuhkan petani di Sumatera Selatan, menjadi perhatian khusus anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDIP, Riezky Aprilia. Melalui program aspirasi, dirinya membuat Unit Pengelolahan Pupuk Organik (UPPO).

“UPPO ini salah satu solusi pemberdayaan padat karya yang terintegrasi untuk menciptakan produksi pangan yang berkelanjutan” ujar Kiki sapan akrab Riezky Aprilia saat meninjau pembangunan UPPO Kelompol Barokah Desa Muara Rengas Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Kiki, kegiatan UPPO menyediakan fasilitas terpadu pengolahan mulai dari kandang komunal, rumah kompos, motor roda 3, alat pencacah dan ternak sapi. Dengan memanfaatkan bahan organik seperti jerami, sisa tanaman, limbah ternak, sampah menjadi kompos atau pupuk organik

Hasil dari pengelolaham ini lanjutnya, maka dapat digunakan untuk jenis tanaman pangan dan lainnya, serta dapat menyuburkan tanah atau memperbaiki kondisi tanah agar sangat layak untuk bercocok tanam karena mengurangi penggunaan pupuk kimia.

Ia berpesan kepada masyarakat petani agar bekerjasama untuk membuka kesempatan usaha dan lapangan kerja melalui UPPO ini kepada para pemuda penggerak desa.

“Karena selain meningkatkan kesuburan tanah, UPPO ini diharapkan akan mampu meningkatkan populasi ternak sekaligus melestarikan sumberdaya lahan pertanian dan lingkungan,” pungkasnya. (pranata/rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.