Tahu Tabebuya? Tanaman Ini Bakal Banyak Di Lubuklinggau

Lubuklinggau, publikasirakyat.com – Dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun ini, salah satu jenis tanaman yang mirip dengan bunga sakura Jepang, yakni tabebuya, cukup diminati masyarakat untuk menghias taman, bahkan beberapa daerah di pulau Jawa melalui pemerintah daerahnya telah gencar menanam tabebuya sebagai penghias taman kota.

Banyaknya manfaat pohon tabebuya, nampaknya juga membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau berinisiatif akan menjadikan tabebuya sebagai tanaman yang akan menghiasi jalan-jalan kota dan taman di Kota Lubuklinggau, khususnya pusat keramaian seperti di lapangan tembak perbakin, taman olahraga silampari (TOS), serta beberapa titik taman lainnya.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kota Lubuklinggau, H. Trisko Defriyansyah menjelaskan, tabebuya yang merupakan jenis tanaman yang mudah hidup dan mampu beradaptasi pada kondisi apapun, serta perawatannya cukup mudah.

“Kita rencananya akan tanam di taman-taman kota. Sebenarnya, di beberapa lokasi sudah ditanam tabebuya, contohnya di GOR Megang yang baru saja direhab, ada juga di jalan Garuda depan taman kurma. Bahkan, di kantor ini saja sudah ditanam di halaman kantor,” ungkapnya, Senin (18/1).

Jenis tanaman dengan nama latin handroanthus chrysotrichus ini, merupakan tumbuhan yang berasal dari Brazil. Tabebuya mempunyai ketahanan hidup yang sangat tinggi dan mampu beradaptasi dalam rentang kondisi yang cukup luas.

Selain mempercantik dan memperindah jalan dan taman kota, tabebuya juga mampu membersihkan dari populasi zat yang berbahaya. bahkan bunga tabebuya bisa juga dijadikan jenis tanaman herbal yang dibuat seperti teh.

Walikota Lubuklinggau, H. SN. Prana Putra Sohe, SH., MM mengungkapkan, sudah banyak contoh di beberapa daerah yang tatanan kotanya telah dipercantik oleh bunga tabebuya.

“Jadi memang benar bunga tabebuya yang mirip dengan bunga sakura Jepang ini, akan mempercantik jalan dan taman kota di Lubuklinggau,” pungkasnya. (pranata)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.