Wakil Bupati Muratara H.Inayatullah Hadiri Pembukaan Sriwijaya Expo 2021 

PALEMBANG,(Radarsilampari) – Wakil Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) H.Inayatullah turut hadir pembukaan Expo 2021, yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru secara virtual dari Griya Agung Palembang, pada Jumat malam (02/07/2021) Jakabaring Sport City, Palembang.

Sriwijaya Expo 2021 merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka menyongsong gelaran Piala Dunia U-20 Tahun 2023 dan memeriahkan HUT Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Ke-75, yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat pada 2 Juli sampai dengan 5 Juli 2021 dan diikuti pameran oleh seluruh Kabupaten Kota se-Sumsel.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Perindustrian Pemrov Sumsel, Hj Ernila Rizar mengatakan Sriwijaya Expo 2021 meliputi pameran produk, pelatihan dan keterampilan membuat kerajinan, festival kopi nusantara dan kuliner, turnamen e-sport, donor danar.

“Sriwijaya Expo diikuti 160 peserta pameran dan 70 stand pameran terdiri dari instansi Pemerintah Kabupaten Kota di Sumatera Selatan dan instansi Pemerintah Pusat, Dekranasda, Organisasi Wanita, Ikatri, IKM dan UKM, BUMN, BUMD, dan lain lain,” Ucap dia.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan Sriwijaya Expo yang berlangsung 2-5 Juli 2021 ini, bukan semata-mata dilihat dari jumlah pengunjung yang hadir, tapi respon para calon investor serta pembeli yang melihat produk-produk yang dihasilkan IKM dan UKM di Sumsel.

Gubernur juga berharap terselenggaranya Sriwijaya Expo 2021 ini juga menampilkan keanegaraman budaya serta menonjolkan kearifan lokal Sumsel, mulai dari pakaian adat masing-masing daerah hingga ornamen-ornamen khas Sumsel.

“Potensi dan keramahan masyarakat di Sumsel ini menjadi modal utama bagi kita. Terutama menggali potensi-potensi ekonomi kerakyatan di tengah pandemi Covid-19 seperti yang masih terjadi sampai saat ini,” pungkas dia.

Terpisah Wakil Bupati Muratara, H.Inayatullah mengatakan setelah selesai pembukaan, kita sempat berkeliling singa ke stan-stan yang dimiliki Kabupaten/Kota lainnnya, dan langsung singa distan Muratara yang menjadi sorotan soket teratai, pedo, air jeruk, batu taon.

“Kita memperkenalkan berbagai macam keunikan hasil olahan UMK binaan pemkab Muratara terutama batik batu tawon, yang jelas UKM kita cukup menjadikan,” ujar Wabup.

Dilanjutkannya, setelah kita lihat Stan dari berbagai daerah Insa Allah kita siap besaing, untuk Stan yang kita miliki dari sudut kulinernya, seperti Rosif, pedoh,  sangat menjadikan kedepan akan terus kita kembangkan dan UMKM akan kita dukung penuh dalam peningkatannya.

Ditempat yang sama, Anggota Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekarnasda) Kabupaten Muratara, Agus Tina mengatakan untuk  promosi UKM  kita pokuskan dari Disperindag Muratara, seperti sirup, Rosif, pedoh ikan.

“Melalui kegiatan ini kita inginkan supaya masyarakat Sumsel tau UKM yg dimiliki Muratara seperti bating teratai, batu cincin, rosip, manis tebu, pedo ikan , ikan asin, sirup jeruk. Songket. Anyaman, serta sabun seriwangi,” jelasnya. (Hamkam/Adv Diskominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.