Rumah Kebanjiran, Warga Libatkan Damkar Bersihkan Selokan

Lubuklinggau, (Radar Silampari)- Sejumlah rumah warga di RT 05, RT 07 dan RT 08 Kelurahan Bandung Ujung Kecamatan Lubuklinggau Barat 1 mengalami banjir, usai hujan deras melanda Kota Lubuklinggau beberapa hari terakhir. Luapan air yang begitu besar, diperparah dengan banyaknya sampah di selokan, sehingga membuat beberapa rumah warga dipenuhi air luapan hujan.

Warga pun, terpaksa melibatkan petugas Damkar Kota Lubuklinggau yang menurunkan 1 unit mobil damkar, untuk membersihkan selokan yang dipenuhi sampah, agar banjir tak kembali terulang, Kamis, (2/9).

Wari, warga RT 08 yang turut menjadi korban banjir mengungkapkan, luapan air hujan yang begitu besar beberapa hari terakhir membuat selokan tak mampu menahan volume air yang begitu besar.

“Alhamdulillah, tadi warga disini gotong royong membersihkan selokan yang tersumbat, sebab banyak sampah juga yang membuat jalur air terhalang. Tadi juga ada mobil pemadam kebakaran yang dihubungi Wansari, anggota DPRD Kota Lubukinggau untuk membantu mendorong sampah dengan terjangan air menggunakan selang kendaraan damkar,” ujar Wari.

Sejumlah warga sekitar, berikut ketua-ketua RT setempat juga terjun langsung membersihkan selokan, bahkan Lurah Bandung Ujung, Helen Fedrik juga turun langsung membantu warga.

“Semoga setelah dibersihkan tidak terjadi banjir lagi, sebab memang kondisi selokan tidak mampu menahan volume hujan, apalagi kalau banyak sampah didalamnya. Alhamdulillah, warga disini kompak, berkat bantuan warga setempat dan Damkar, tadi sudah kita tanggulangi,” ujar Helen, Lurah Bandung Ujung.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Lubuklinggau, Luthfi Ishak menyampaikan, pihaknya siap melayani masyarakat yang membutuhkan sesuai bidang tugas.

“Sesuai dengan bidang tugas kami pelayanan masyarakat. Jadi, apapun yang dibutuhkan masyarakat sesuai dengan bidang tugas kami, tentu 24 jam kami siap membantu,” pungkas Luthfi. (Pranata)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.