Pertamina Pendopo Terjunkan Tim Rawat Pipa Migas

Musi Rawas, (Radar Silampari),- Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Pendopo Field (Pertamina Pendopo), sigap melakukan penggantian dan perawatan pipa untuk menjaga kehandalan operasi produksi minyak dan gas bumi (migas), termasuk salah-satunya yang dilakukan pada Kamis (26/8) di Desa Pelawe Kecamatan Bulang Tengah Suku (BTS) Ulu Kabupaten Musi Rawas.

Tim Tanggap Darurat Pertamina Pendopo menerjukan tim untuk melakukan perawatan pipa pada Kamis (26/8) sekitar pukul 19:25 WIB. Segmen pipa yang mendapat perawatan terletak di Desa Pelawe dan menghubungkan area Musi-Sopa.

Terlebih dahulu, Tim Tanggap Darurat menghentikan pemompaan minyak. Tim segera memasang oil boom untuk mengisolasi area tempat dilakukannya perbaikan. Tim juga menerjunkan truk vakum dan alat berat untuk membantu proses perbaikan pipa, mengingat posisi pipa berada di bawah gorong-gorong.

Setelah pembongkaran gorong-gorong usai, Tim melakukan pemasangan klem titik pipa yang mengalami kerusakan. Tim turut melibatkan warga sekitar untuk membantu melakukan pembersihan area sekitar titik pipa yang diperbaiki. Tim Tanggap Darurat juga melakukan tes tekanan untuk memastikan bahwa pipa minyak dapat beroperasi kembali, hingga pada Jumat (27/8) pukul 10:21 WIB, pekerjaan perawatan pipa dinyatakan selesai.

Hingga saat ini, Pertamina Pendopo masih melaksanakan proses pembersihan area secara bertahap. Proses pembersihan membutuhkan waktu mengingat area kerja cukup sulit diakses. Pertamina Pendopo juga telah melaporkan aktivitas ini kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Musi Rawas dan bersama-sama DLH Musi Rawas untuk melakukan pemeriksaan kondisi di area kerja.

Pertamina Pendopo rutin melaksanakan program penggantian pipa setiap tahun. Untuk tahun 2021, direncanakan dilakukan penggantian pipa sepanjang total 52 kilometer, tersebar di beberapa titik area kerja Pertamina Pendopo. (April/Rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.