Desa Jadi Mulya, Pertama Kali Laksanakan MusrenbangDes

MURATARA,(Radarsilampari)- Desa Jadi Mulya, Kecamatan Nibung, Kabupaten Muratara Desa yang pertama Kali melakukan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbaDes) di Kecamatan Nibung, Kamis (30/09).

Zulian sekaku Kabid Pemdes Dinas PMD-P3A menyampaikan. “Dengan memperhatikan Pagu Indikatif pada tahun 2021 sebesar Rp.1.253.459
.000 tentunya pada tahun 2021 di informasikan oleh Kementerian Desa ada Penurunan Pagu Indikatif 3 sampai 5 % untuk anggaran Dana Desa tahun 2022″.

Dilanjutkannya, Sudah tentu pada kesempatan ini disampaikan juga agar memperhatikan program perioritas yang mengacu pada hasil SDGs Desa yang sesuai dengan Permendes Nomor 7 tahun 2021.

Sementara itu, Dahmuddin Camat Nibung mengatakan MusrenbagDes hari ini sudah tentu kita sudah melalui tahapan Musdus yang diusulkan di tiap-tiap dusun yang akan di bawah dalam Musrenbangdes pada hari untuk menentukan program perioritas pada tahun 2022 mendatang.

“MusrenbangDes adalah forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan pembangunan Desa dan pemangku kepentingan adalah segenap pihak yang terkait dengan pembangunan, dalam hal ini adalah pihak akademisi, dunia usaha, komunitas, pemerintahan dan masyarakat,” Jelas Camat.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa jadi Mulya yang selanjutnya disebut Musrenbang Desa adalah musyawarah antara BPD, Pemerintah Desa, dan unsur masyarakat yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Jadi Mulya untuk menetapkan prioritas, program, kegiatan, dan kebutuhan Pembangunan Desa yang didanai oleh anggaran pendapatan dan belanja Desa, swadaya masyarakat Desa, dan/atau anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten Muratara.

Dipaparkan oleh Tim Penyusun RKPDesa oleh Sekretaris Desa Jadi Mulya untuk Rencanan Pembangunan Tahun 2022 yang melalui Dana Desa tahun 2022 yakni 1.Pengadaan Kolam Terpal sebanyak 50 Unit di Dusun 1,2,3 dan 4..

  1. Pagar/Jaring kawat lapangan Volly 160 meter di 1 dan 4.
    3.Pembangunan Lapangan Futsal 2 Unit Dusun 1 dan 4
    4.Pengembangan Embung 1 Titik Dusun 4
    5.Pengadaam Ambulance Desa .

Kepala Desa Jadi Mulya, Afrizal mengatakan secara terbuka dalam MusrenbangDes ini untuk memberi saran dan masukan kepada semua unsur terhadap Program yang dipapar berdasarkan Musyawarah Dusun dikatanya secara singkat

Aan Jumadi Robiansya PLD mengatakan yang terpenting Mulai dari Musdus kita tidak lupa dengan hasil pendataan SDGs akan menjadi panduan usulan kita yang akan dibawa di musrenbangdes. Serta mengacu pada Permendes Nomor 7 tahun 2021 tentang program perioritas tahun 2022. Seperti pemulihan perekonian masyarakat.

adanya dana desa tentunya Musrenbangdes salah satu syarat kita bisa menggapai asa masyarakat untuk menikmati peningkatan kualitas Desa.
Di bidang pembangunan
Dibidang kesehatan
Bidang perekonomian masyarakat
pemberdayaan Masyarakat.Ucap Aan

Selain itu Aan juga minta kerja sama agar Desa untuk melakukan Registrasi BUMDes ke Kemendesa, serta peran aktif kader kesehatan Desa Jadi Mulya yang update data Konvegensi stuting setiap tiga Bulan. (Hamkam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.