Pemkab Mura raih Penghargaan Proklim Tiga Kali Berturut-Turut

MUSIRAWAS,(Radarsilampari) – Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Mura) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) untuk ketiga kalinya secara berturut-turut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mura, Teddy Lazuardy melalui Kabid Tata Lingkungan, Jalin Elsaprike  mengungkapkan pemkab Mura bangga atas diraihnya penghargaan Proklim dalam kurun waktu tiga tahun secara berturut-turut.

“Tiga Desa yang diajukan Ke Proklim Utama Sertifikasi tingkat nasional tahun 2021 yaitu Desa Banpres Kecamatan Tuah Negeri, Desa Sukowarno Kecamatan Sukakrya dan Desa Dharma Sakti Kecamatan Tuah Negeri,” terang dia.

“Pada hari Sabtu lalu kami mendapatkan surat undangan pengumuman, Dan Alhamdulillah dari tiga desa yang diajukan,dua desa yang menang Proklim Utama tingkat nasional kategori sertifikasi,”Jelas dia.

Selain itu Kabupaten Mura juga kembali menerima penghargaan untuk Bupati Mura sebagai pembina, penghargaan inipun sudah tiga tahun berturut-turut.

“Ini suatu prestaai yang luar biasa, karena dengan anggaran yang sangat terbatas dan banyaknya parameter yang harus disiapkan, tapi kita masih berhasil,” beber dia.

Dia juga mengatakan, di kabupaten Mura  sudah ada empat Desa yang mendapat penghargaan Proklim tingkat Nasional, yaitu pada 2019 lalu Desa Suka Makmur Kecamatan BTS Ulu mendapat kategori Proklim tingkat Utama Tropi, dan tahun 2020 Desa Sukamulya Kecamatan Tuah Negeri tingkat Utama Tropi dan tahun ini dua Desa semuanya tingkat Utama Sertivikasi.

” Sekarang baru empat Desa yang dapat penghargaan Proklim tingkat nasional,  tapi secara umum semua Desa di Mura sudah mulai menerapkan proklim,” papar dia.

Jalin Elsaprike mengharapkan melalui penghargaan Proklim tersebut bisa menjadi momentum serta memotivasi masyarakat atau desa dalam upaya pencegahan pemanasan global dan emisi gas rumah kaca.(Randy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.