Ratusan Rumah di Desa Lubuk Pandan Terancam Terendam Banjir

MUSIRAWAS,(Radarsilampari) – Ratusan rumah yang ditempati 200 Kepala Keluarga (KK) di Desa Lubuk Pandan, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas (Mura) terancam terendam banjir. Sebab air sudah nyaris masuk permukiman warga akibat air sungai Lakitan naik.

Kepala Desa (Kades) Lubuk Pandan, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Nasrullah mengatakan bahwa kurang lebih 200 unit rumah yang berada di Dusun 1, 2 dan 3 mewaspadai banjir. Sebab, air sungai Lakitan yang naik hingga nyaris masuk permukiman warga.

“Iya kurang lebih 1/2 meter lagi air sudah masuk ke permukiman warga,”jelas Nasrullah kepada rekan media, Kamis (21/10/2021).

Dikatakannya, kendati air belum masuk ke pemukiman. Namun, rumah warga yang berada di tepi sungai sudah banyak terendam tiangnya kurang lebih mencapai 1 meter. Bahkan, jika air sungai Lakitan terus naik bukan tidak mungkin air akan masuk ke dalam rumah.

Selain itu, akses jalan baru Lubuk Pandan menuju Desa Semeteh yang dibuka pada Karya Bhakti TNI dan jembatannya juga terendam dan tidak bisa dilalui. Sehingga, dengan begitu warga yang akan keluar Desa kembali melewati jalan lama dengan kondisi sudah rusak dan memerlukan waktu yang lebih lama.

Terlepas dari itu, dirinya menghimbau kepada warga untuk berhati-hati jangan sampai ada korban jiwa. Sehingga, seandainya air masuk ke permukiman maka hendaknya dapat menjaga anak-anak jangan sampai tenggelam.

“Bagi yang punya rumah bukan rumah panggung harus waspada takut airnya naik cepat. Sehingga, perabotan harus diamankan terutama alat-alat elektonik yang bisa menyebabkan korsleting listrik,”pungkas dia. (Randy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.