Launching Pemilu 2024, KPU Lubuklinggau Nyatakan Siap

Lubuklinggau, (Radar Silampari)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia menggelar launching Pemilihan Umum 2024 secara virtual di Gedung KPU RI. Ini menandakan penyelenggaraan pemilu, dalam hal ini KPU sebagai pelaksana harus mempersiapkan diri.
Tentu, KPU Provinsi, Kabupaten dan Kota juga ikut menyaksikan launching pemilu serentak 2024 melalui virtual, sama halnya KPU Kota Lubuklinggau bersama unsur Forkopimda, Pengurus Partai Politik dan Bawaslu Kota Lubuklinggau.

Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Topandri melalui Divisi Sosialisasi dan Parmas, Andri Affandi mengatakan, momentum launching pemilu 2024 ini merupakan gong penanda bagi KPU untuk melakukan konsolidasi dan penguatan internal untuk persiapan menjelang tahapan Pemilu 2024 yang akan dimulai pertengahan Juni 2022.

“Dengan sudah dilaunching, kami akan mempersiapkan SDM, serta melakukan konsolidasi dengan semua stakeholder yang terlibat langsung dalam pelaksanaan pemilu nanti, karena kompleksitas pemilu ini tidak jauh beda dengan pemilu sebelumnya,” kata Andri, Senin (14/2).

Setelah dilaunching, menurut Andri, KPU Kota Lubuklinggau akan menunggu jadwal, program dan tahapan yang saat ini masih dalam pembahasan KPU RI, Pemerintah dan DPR RI dalam hal ini Komisi II, jika semua sudah ditetapkan, maka KPU akan melaksanakan kegiatan di setiap tahapan Pemilihan Umum.

“Sebagai penyelenggara pemilu tentu kami siap dalam kondisi apapun, pengalaman kami di pemilu 2019 menjadi evaluasi kami dalam menjalankan tahapan pemilu 2024 mendatang, meskipun tidak ada revisi Undang-Undang artinya tetap masih menggunakan UU No 7 tahun 2017,” ujar Andri.

KPU kota Lubuklinggau menurut Andri, telah melakukan evaluasi dari pelaksanaan Pemilu 2019 dan melakukan langkah untuk melakukan perbaikan, baik secara teknis dan sosialiasi tahapan pemilu serentak 2014 dan adaptif dengan kondisi saat ini.

“Meski kita berpengalaman dalam menyelenggarakan pemilu 2019 yang secara teknis sama, namun saat ini kita dihadapkan dengan Pandemi Covid-19, jadi kita akan banyak belajar dari pelaksanaan Pilkada serentak 2020 kemarin,” tutur Andri.

Untuk itu, Andri mengajak, semua elemen masyarakat untuk dapat mensukseskan pemilu serentak 2024 mendatang, karena sukses pelaksanaan pemilu ini bukan hanya tanggung jawab KPU sebagai pelaksana, tapi tanpa bantuan dari semua pihak pelaksanaan pemilu tidak akan berjalan dengan baik.

“Kita patut bersyukur pelaksanaan pemilu serentak 2019 berjalan dengan baik, karena atas kesadaran kita semua pentingnya pemilu, karena pesta demokrasi (pemilu) merupakan kedaulatan rakyat dimana kita memilih pemimpin dan wakil kita untuk kesejahteraan kita bersama,” pungkasnya. (Pranata)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.