Aklamasi, Rajab Pimpin KT Lubuk Tanjung

LUBUKLINGGAU, (Radar Silampari)- Bertempat di Kantor Lurah Lubuklinggau, Jumat (25/2), berlangsung temu karya kelurahan atau pemilhan Ketua Karang Taruna (KT) kelurahan setempat. Hadir Ketua dan Pengurus KT Kecamatan Barat I, pengurus KT Lubuk Tanjung demisioner, ketua-ketua RT serta perwakilan pemuda tiap RT yang diberi mandat ketua RT. Hasilnya, Rajab yang mewakili pemuda RT 2, disepakati secara aklamasi memimpin KT Lubuktanjung lima tahun kedepan.

Lurah Lubuktanjung, Frans Budi Utama menyambut baik diselenggaranlkannya acara pemilihan Ketua KT tersebut. Acara ini juga merupakan bagian dari proses dalam pembentukan kepengurusan KT Lubuktanjung 2022-2026. Adapun kepengurusan sebelumnya, dipimpin Karim setelah menggantikan Gempar yang mengundurkan diri sebagai ketua.

“Masa bakti kepengurusan KT Lubuktanjung sebelumya sudah habis. Makanya dilaksanakan pemilihan ketua KT Lubuktanjung yang baru. Sebelum ini, kami sudah menggelar rapat dengan ketua-ketua RT dan pengurus lama.
Kemudian dibuka penjaringan calon ketua RT, sesuai AD ART organisasi,” jelas dia

Ditempat yang sama, Ketua KT Barat I, Alvin Ganda Wijaya menjelaskan, kehadiran audien yang ada sudah memenuhi kuorum berlangsungnya pemilihan. Termasuk kehadiran KT kecamatan, wajib sebagai bentuk legitimasi dan keabsahan temu karya karang taruna kelurahan.

Ia menjelaskan, Karang Taruna dibentuk dan berada dibawah naungan Kemensos untuk mengakomodir aspirasi seluruh komunitas pemuda. Sebagai mitra pemerintah, pengurus KT harus bersinergi dengan pemerintah yakni ketua-ketua RT dan pemerintah kelurahan. KT juga harus berperan sebagai kontrol sosial dan peka terhadap permasalahan yang terjadi ditengah masyarakat.

“Inovasi pengurus KT juga dibutuhkan terutama untuk menggali dan memajukan potensi SDM dan SDA yang ada. Apalagi kita punya aset besar yakni wisata Kasie yang bisa dikembangkan. Namun apapun masalah sosial yang terjadi juga bagian dari tanggung jawab kita. Siapapun warga di kelurahan berusia 21-35 tahun, merupakan warga karang taruna. Kecuali menjadi pengurus, harus minimal tamatan SMP khususnya tingkat kelurahan,” jelas dia.

Ia berharap, pengurus KT kelurahan dapat menjalin komunikasi yang baik dengan KT kecamatan. Punya aset besar yakni kawasan wisata kasie.

Ketua terpilih KT Lubuktanjung, Rajab menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan untuk memimpin organisasi sosial ini ia pun mengaku senang dan berjanji untuk mengabdi dan menjalankan amanah. “Diharapkan sumbangsih kritik dan saran serta partisipasi untuk membangun kelurahan. Kepada sesepuh termasuk RT dan lurah, mohon bimbingan dan arahannya,’ ucap Rajab. (Pranata)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.