Wali Kota Lubuklinggau Bakal Terima Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan

LUBUKLINGGAU, (Radar Silampari)- Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe memimpin rapat pemantapan uji petik tanda kehormatan Satya Lencana Pembangunan oleh Ketua Tim Seleksi Militer, Brigjen TNI (Mar) Ludi Prasetyo, bertempat di Ruang Auditorium Lantai 5 Kantor Wali Kota Lubuklinggau, Rabu (6/4/2022).

Dalam kesempatan itu, Wako meminta kepada pihak terkait agar mempersiapkan acara kunjungan tersebut sebaik mungkin, terutama camat dan lurah yang wilayahnya akan dikunjungi.

Dalam kunjungannya nanti, tim seleksi juga akan memberikan 100 buah helm kepada penyuluh KB guna menunjang kinerja di lapangan.

Menurut Wako, upaya penurunan stunting bisa dikombinasikan dengan program MARASE karena dengan program MARASE dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Bila masyarakat sejahtera, stunting akan menjauh dari Kota Lubuklinggau,” ujarnya.

Orang nomor satu dijajaran Pemkot Lubuklinggau itu juga meminta kepada instansi terkait agar mempersiapkani data-data yang akan ditampilkan, seperti data stunting di Kota Lubuklinggau dan data pendukung lainnya.

Seperti data Puskesmas tahun 2021, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Lubuklinggau tahun 2017-2020, cakupan kepesertaan KB baru, metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) di Kota Lubuklinggau tahun 2017-2021.

Kemudian data mengenai cakupan kepesertaan KB baru di Kota Lubuklinggau tahun 2018-2021, diagram pie pemakaian jenis alat kontrasepsi pada akseptor, KB, data kelompok Tribina keluarga (BKB/BKR/BKL) per kecamatan di Kota Lubuklinggau tahun 2027-2021, data perkembangan jumlah kelompok UPPKA di Kota Lubuklinggau tahun 2017-2021 dan data perkembangan jumlah kelompok Pusat Informasi Konseling Remaja/Mahasiswa (PIK-R/M) di Kota Lubuklinggau tahun 2017-2021.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Lubuklinggau, Henny Fitrianty menyampaikan ada pemberian tanda kehormatan Satya Lencana Pembangunan yang akan diserahkan secara langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo kepada para kepala daerah (gubernur, bupati/wali kota) yang berhasil dalam mendorong pembangunan bidang kependudukan dan keluarga berencana nasional.

Henny menjelaskan, Kota Lubuklinggau akan memperoleh Satya Lencana Pembangunan yang akan diterima langsung oleh Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe.

Sebelum itu, terlebih dahulu dilakukan uji petik tanda kehormatan Satya Lencana Pembangunan oleh Ketua Tim Seleksi Militer, Brigjen TNI (Mar) Ludi Prasetyo yang berkunjung ke Kota Lubuklinggau pada 13 April 2022 mendatang.

Timsel rencananya akan meninjau berbagai tempat diantaranya Command Center, Kampung KB Kandis Ulak Surung, Kampung KB Linggau BISA Muara Enim, peninjauan UPPKA Kopi Ananda, peninjauan fasilitas kesehatan Puskesmas Tanjung Aman dan RSIA Dwi Sari serta tempat alternatif ke Kampung Ulung dan Kampung Warna Warni.

Hadir dalam rapat tersebut, Asisten l Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kahlan Bahar, Asisten ll Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, H Nobel Nawawi, Kepala OPD, Kabag, Camat, Kepala Puskesmas dan Lurah. (Pranata)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.